12 Flora Unik, Gila Dan Terlangka Di Dunia

Tumbuhan Unik, Aneh dan Terlangka di Dunia


Kembali lagi dengan artikel faunadanflora.com – Kali ini admin akan membahas wacana tumbuhan tanaman unik dan ajaib yang ada di dunia dan jarang sekali untuk kita peroleh. Jika kalian berfikir bahwa bunga rafflesia arnoldii ialah bunga unik dan aneg. Yap.. itu benar sekali.. Rafllesia Arnoldii ialah salah satu flora unik yang ada di Indonesia maupun di dunia, selain bunga Rafflesia Arnoldii ternyata masih berbagai tanaman dengan bentuk ajaib dan unik lainnya. Penasaran flora apakah itu? Berikut yakni tanaman unik dan ajaib tersebut ..


1. Welwitschia Mirabilis (Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia)


Welwitschia Mirabilis


Welwitschia Mirabilis ialah flora terlangka di dunia, dia hanya memiliki satu spesies saja yakni Welwitschia Mirabilis. flora ini ialah tumbuhan endemik dari gurun namib yang berada dalam kawasan Namibia dan Angola.


Dilihat dari bentuknya flora ini memang tidak menarik, tanaman ini hanya memiliki dua daun dan satu batang dengan sistem akar. Namun tanaman ini akan terus berkembang sampai balasannya mirip dengan alien. Batang flora ini makin usang lama akan kian tebal tetapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini cuma sekitar 2 meter dengan lebar mencapai 8 meter. Umur flora ini sangat menakjubkan adalah mampu tetap hidup selama 5 tahun lamanya tanpa hujan dan umur tumbuhan ini mampu mencapai 400 -15 kala.

Dalam bahasa Namibia tanaman yang ternyata enak dikonsumsi ini berjulukan Onyanga atau bawang padang pasir.


2. Tanaman Karnivora


Tanaman Karnivora


Bukan hanya binatang karnivora saja, namum terdpat pula tumbuhan karnivora. Disebut flora karnivora sebab tumbuhan ini memangsa serangga yang mendekat pada daunnya. Proses ini memiliki nama ilmiah Dionaea muscipula, mereka mempunyai rambut halus yang ultra sensitif, sehingga ketika ada serangga yang mendekat daun yang memiliki gerigi langsung menutup dan menerangkap serangga yang mendekat.


3.Rumput Menari


Rumput Menari


Rumput Menari (Codariocalyx motorius atau juga Desmodium gyrans) ialah sejenis pokok renek Asia. Sebagian banyak orang menyebut flora ini dengan rumput menari, sebab gerakan daunnya seperti menari atau gerakan kod semafor. Tanaman ini gampang tumbuh dan daun akan menari dikala banyak sinar banyak matahari atau dlam keadaan kering.


4.Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa)


Tanaman Bola Baseball


Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa) ialah flora endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Euphorbia obesa (flora baseball) tampak mirip bola yang tepat, sungguh dekoratif. Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat meraih 15 cm untuk yang renta. Bentuknya bundar untuk individu muda dan silinder untuk yang tua. Tanaman Ini berisi suatu reservoir air untuk menangani musim kering.

Karena bentuk nya yang unik dan lucu, banyak kolektor tanaman hasilnya mengambil tnaman ini dan mengoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Alasan itulah yang menjadikan tumbuhan tersebut ketika ini di lindungi oleh pemerintah Afrika Selatan.


5. Silver Torch Cactus (Cleistocatus straussi)


Silver Torch Cactus


Tanaman ini merupakan jenis flora katus, tetapi berbeda dengan jenis kaktus yang lain, kaktus jenis ini lebih menggemari daerah dingin. Diketahui kaktus ini berkembang di puncak pegunungan di Argentina dan Bolivia yang memiliki suhu -10 derajar celcius.Silver Torch Cactus cuma berbunga ketika hujan.


6. Baobab (Pohon Botol)


Baobab (Pohon Botol)


Baobab atau pohon botol yakni nama dari gneus (adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli madagaskar, Arfika daratan dan Australia. Ukuran pohon ini mampu meraih 5-25 meter. Mereka mampu menyimpan air di dalam batang mereka dengan kapasitas 120.000 liter untuk bertahan dalam keadaan lingkungan sekitar mereka. Karena alsan tersebutlah pohon ini disebut dengan pohon botol. Baobab disangka masuk ke Indonesia saat perdagangan laut melalui pedagang Timur Tengah[2]. Tumbuhan ini dikenal selaku Asem Buto atau Ki Tambleg dan awalnya tidak diketahui fungsinya.


7. Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)


Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)


Dracaena Cinnabari adalah tanaman suji yang berasal dari kepulauan Socotra. Tumbuhan ini juga diketahui selaku Suji Socrota dan Dragon Blood Tree (Suji darah). Dinamakan suji darah alasannya getah flora ini berwarna merah. Getah merah ini sering disebut darah mega yang hendak dikeringkan dan lalu dipakai sebagai obat atau pewarna. Bentuk pohon ini unik yaitu berbentuk mirip payung.


8. Pohon Dinamit


Pohon Dinamit


Pohon asal hutan tropis Amazon ini tampakmenyeramkan. Batangnya dipenuhi dengan duri tajam dan getah beracun. Penduduk lokal mempergunakan getah pohon ini untuk meracuni anak panah. Pohon yang mempunyai nama ilmiah Hura brasiliensis ini mempunyai beberapa julukan seperti pohon neraka, pohon kotak pasir (sandbox tree) dan ada pula yang menamai pohon dinamit. Karena dimengerti bahwa buah dari pohon ini saat matang akan meledak. Dan ledakannya mampu melukai binatang bahkan insan.


9. Psychotria elata


Psychotria elata flower


Psychotria elata, itulah nama latin dari bunga yang menciptakan aku terpukau ini. Bunga yang juga diketahui dengan nama Hooker’s Lips atau Hot Lips Plants ini hanya ditemukan di Hutan Hujan di negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, misalnya di Kosta Rika, Kolombia, Ekuador, dan Panama.


Bunga ini masuk dalam genus Psychotria, masuk ke dalam family Rubiaceae, bangsa ordo Gentianales. Keunikan yang lain yang terdapat pada bunga ini yaitu berfungsi untuk menawan hewan agar mampu menolong proses penyerbukan. Kuu-kupu dan kolibri yang umumnya kesengsem pada bunga ini.


10.Selaginella lepidophylla (Tanaman yang Bangkit Kembali)


Selaginella lepidophylla


Disebut juga selaku Mawar dari Jericho (Bunga Jericho), Selaginella Lepidophylla atau Rose Yerikho, juga dikenal sebagai bunga Kebangkitan atau bunga Doradilla, merupakan spesies dari tumbuhan gurun pasir yang berkembang di Timur Tengah dan Amerika Tengah.


Tanaman ini banyak dijumpai di habitat asalnya di gurun Chihuahua. Tanaman ini dikenal alasannya adalah bisa bertahan hidup disaat kekeringan. Selama trend kering batangnya akan mengerut dan menggulung menjadi suatu bola keci. Dan ketika ada air batangnya melepaskan diri dari gulungan dan terurai kembali.


11.Rafflesia Arnoldii


rafflesia-arnoldii-faunadanflora


Padma raksasa dalam bahasa latin rafflesia merupakan tanaman parasit yang populer sebab ukuran bunga yang besar, bahkan ialah bunga terbesar di dunia. bunga ini tumbuh dijaringan merambat dan tidak mempunyai daun sehingga tanaman ini tidak mampu berfotosintetis. Bunga ini pertama kali didapatkan pada tahun 1818 dihutan tropis Bengkulu (sumatera) didekat sungai Manna,Lubuk tetapi, kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan inovasi flora ini Bengkulu diketahui oleh dunia dengan sebutan The Land of Rafflessia.


12. Bunga Bangkai


bungabangkai-faunadanflora


Bunga bangkai atau suweg (dalam bahasa setempat untuk jenis vegetatif) dengan bahasa latin Amorphophallus titanum Becc. Merupakan flora dari jenis tals-talasan endemik dari sumatra, yang diketahui dengan bunga majemuk paling besar. Dinamakan bunga bangkai alasannya bunga ini mengeluarkan aroma bacin busuk, aroma bacin tersebut sebenarkan digunakan untuk mempesona serangga kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.


Uraian diatas merupakan 12 jenis flora terlangka dan unik yang ada di dunia dari sekian banyak jenis yang lain yang ada. Dari setiap jenis nya memiliki keunikan tersendiri. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan memperbesar pengetahuan anda tentnag dunia tumbuhan dan fauna. Sampai berjumpa di postingan postingan yang lain..



Belum ada Komentar untuk "12 Flora Unik, Gila Dan Terlangka Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel