Cara Membuat Bumbu Rujak Buah Gula Merah Yang Super Enak

Resep Rujak Buah & Bumbu Rahasianya Supaya Enak Aneka Resep Masakan
Resep Rujak Buah & Bumbu Rahasianya Supaya Enak Aneka Resep Masakan from resepmasakanidola.blogspot.com

Rujak buah dan gula merah tak hanya menjadi makanan yang nikmat, namun juga kaya akan nutrisi. Buah-buahan yang digunakan untuk rujak biasanya berasal dari buah-buahan segar yang dipotong dadu atau disisir serta diaduk dengan bumbu khusus. Selain itu, rujak juga biasanya disajikan dengan gula merah yang dicampur dengan garam atau air jeruk nipis. Dengan kombinasi bumbu yang tepat, rujak buah dan gula merah bisa menjadi makanan yang sangat nikmat. Berikut adalah cara membuat bumbu rujak buah dan gula merah yang super enak.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bumbu rujak buah dan gula merah, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut ini:

  • 250 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 mililiter air jeruk nipis
  • 3 buah tomat, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 1 sendok teh terasi bakar

Langkah-langkah Membuat Bumbu Rujak

1. Mempersiapkan Bahan-bahan

Pertama, siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu rujak. Jika Anda ingin membuat rujak yang lebih pedas, Anda dapat menambahkan lebih banyak cabai rawit. Selain itu, Anda juga dapat mengganti air jeruk nipis dengan air perasan jeruk lemon jika Anda ingin rasa rujak buah dan gula merah Anda lebih asam.

2. Membuat Gula Merah

Kemudian, Anda dapat mulai membuat gula merah. Campurkan gula pasir dan gula merah dalam panci dan tuangkan air jeruk nipis. Masak gula merah tersebut dengan api sedang hingga tercampur dan menjadi larutan. Setelah itu, masukkan garam dan aduk hingga larutan tersebut mengental. Setelah gula merah menjadi cukup kental, angkat dari api dan biarkan dingin.

3. Membuat Bumbu Rujak

Kemudian, Anda dapat membuat bumbu rujak. Campurkan semua bahan-bahan kecuali gula merah, misalnya cabai rawit, tomat, bawang merah, dan terasi bakar. Aduk bumbu-bumbu tersebut hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan gula merah dan aduk hingga semua bahan-bahan tercampur rata.

4. Penyajian

Bumbu rujak siap digunakan. Anda dapat menyajikan rujak buah dan gula merah dengan bumbu rujak yang Anda buat ini. Rujak buah dan gula merah yang disajikan dengan bumbu ini akan terasa lebih nikmat dan lezat. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bumbu Rujak Buah Gula Merah Yang Super Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel