Jenis Fauna Dan Tanaman Di Perairan Indonesia

Jenis Jenis Fauna dan Flora yang Hidup di Perairan Indonesia


Berbicara dunia fauna dan tumbuhan di Indonesia memang tak ada habisnya. Keanekaragamannya membuat kita tidak jenuh untuk selalu membicarakan tentang keindahan fauna dan tanaman yang ada. Telah kita diskusikan banyak tentang dunia fauna dan tumbuhan pada artikel artikel sebelumnya. Dan postingan kali ini penulis khususkan untuk membahas perihal macam macam fauna dan flora yang hidup dalam air. Tidak cuma di darat dan di udara, keanekaragaman fauna dan flora di air juga tidak kalah banyak dan menawan untuk kita ulas bantu-membantu. Nah, apa sajakan fauna dan tanaman yang hidup didalam air? yuk kita pelajari klarifikasi dan uraian berikut ini.


Jenis Jenis Flora di Perairan


1. Plankton


plankton


Plankton artikan selaku organisme hanyut yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan air tawar. Plankton merupakan salah satu organisme paling penting bagi kebanyakan biota air alasannya adalah menjadi bekal masakan untuk kehidupan akuatik. Walaupun tergolong jenis benda hidup, plankton tidak emmpunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau anginlah yang menghanyutkannya.

plankton berisikan sisa sisa binatang dan flora maritim, ukurannya sangat kecil, selain sisa-sisa binatang, plankton juga tercipta dari tanaman. Plankton dibagi menjadi dua, yaitu fitoplankton dan zooplankton.


2. Alga


alga


Alga (algae) yakni sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang positif. Alga adalan sejenis tumubuhan laut yang hidup mengapung atau melayang dan menancap atau menempel di dasar bahari. Terdpat berbagai macam alga, antara lain alga hijau, alga cokelat, dan alga merah. Jenis alga ini banyak terdapat diseleuruh daerah pantai di Indonesia. Alga mampu dimanfaatkan untuk obat-obatan, biar-semoga, manisan dan sayuran.


3. Terumbu karang


terumbu karang cantik


Terumbu karang merupakan tumbuhan khas di laut tropik, bentuk dari terumbu bermacam-macam jenisnya sehingga memperlihatkan pemandanagan yang indah, sehingga terumbu karang sering dijadikan selaku taman laut.

Terumbu karang kebanyakan hidup dipinghgir pantai atau kawasan yang masih terdapat cahaya matahari kurang lebih 50 m samapi berada di bawah permukaan laut. Beberapa tipe terumbu karang mampu hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya, tetapi terumbu karang tersebut tidak bersimbiosis dengan zooxanhellae dan tidak membentuk karang.Terumbu karang ialah salah satu bagian utama sumber daya pesisir dan maritim, disamping hutan bakau atau hutan mangrove dan padang lamun. Terumbu karang dan segala kehidupan yang ada di dalamnya merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya.


4. Hutan Mangrove


hutan mangrove indah


hutan mangrove atau sering disebut hutan bakau yakni hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air maritim. Hutan ini berkembang khususnya di tempat-kawasan di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi materi organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekeliling muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.Hutan bakau tersebar luas diseluruh pantai Indonesia dan berfungsi untuk melindungi pantai dari ombak.


5. Padang Lamun


padang lamun indah


Padang Lamun adalah ekosistem khas bahari perairan dangkal dan hangat dengan dasar pasir. Padang lamun terbentuk cuma pada perairan dangkal tetapi dasarnya tidak pernah terbuka dari perairan (selalu tergenang). Padang lamun sering dianggap bab dari ekosistem mangrove, meskipun padang lamun mampu bangun sendiri.

Lamun ialah tumbuhan berbunga yang telah menyesuaikan diri sepenuhnya di dalam bahari. Tumbuhan ini bisa berfungsi normal dalam keadaan terbenam di air maritim yang asin, memiliki metode perakaran jangkar dan bisa menyelenggarakan penyerbukan serta daur generatif dalam kondisi terbenam. Lamun dapat berkembang subur khususnya di kawasan pasang surut dan perairan pantai yang dasarnya berupa lumpur, pasir, batu, dan patahan karang mati dengan kedalaman hingga 4 meter.


Jenis Jenis Fauna di Perairan


1. Ikan


macam macam ikan


Ikan merupakan anggota vetrebata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup didalam air dan berinsang. Ikan adlah jenis golongan vetrebata yang paling beranekaragam jumlah spesiesnya adalah lebih dari 27.000 spesies diseluruh dunia.

Ikan memiliki aneka macam macam ukuran, jenis dan ciri-ciri yang berlawanan. mulai dari paus hiu yang berukuran sampai 14 meter samapi stout infanfish yang hanya berskala 7mm.

Ikan mampu didapatkan nyaris di semua genangan air. Namun pada danau yang terlalu asin seperti Great Salt Lake tidak bis di hidupi ikan.Berikut ini bebrapa gambar ikan yang sering kita jumpai di perairan Indonesia.


2. Kura kura


kura kura lucu


Kura kura dan penyu ialah binatang bersisik berkaki empat yang termasuk kalangan reptil. Namun kura-kura dapat hidup diberbagai tempat, mulai dari tempat gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan bahari. Sebagian jenisnya hidup sepenuhnya akuatik, baik di peraiaran tawar maupun di lautan.


Jenis binatang yang disebut dengan Testudianan memiliki ciri khas yang sangat gampang dikenali yaiut dengan adanya tempurung atau batok yang keras dan kaku. BAtok kura-kura terdiri 2 bagian, bab atas untuk menutupi punggung dan bagian bawah disebut plastron. Dan pada setiap bagiannya ini berisikan dua lapis. Lapis luar biasanya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bab dalam berbentuklempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.


3. Bulu Babi


bulu babi


Bulu babi atau landak bahari merupakan binatang laut dengan berbentuk bundar dan mempunyai duri pada seluruh kulitnya yang dapat digerakkan. Binatan ini terbagi menajdi 950 spesies dan dapat ditemukan mulai dari kawasan pasang surut hingga di kedalaman laut 5.000m.

Bulu babi ialah makhluk omnivora artinya mereka makan alga dan flora laut yang lain yang menempel di bebatuan dan terumbu karang.


4. Lumba – Lumba


lumba lumba lucu


Lumba-lumba yaitu jenis mamalia laut yang sungguh pandai, selain itu metode alamian yang melengkapai tubuhnay sungguh kompleks. Salah satu misalnya yakni kulit lumba-lumba yang bisa memperkecil goresan dengan air. Lumba-lumba mempunyai suatu metode yang digunakan untuk berkomunikasi dan mendapatkan rangsang yang dinamakan sistem sonar, metode ini mampu menyingkir dari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Merke hidup di laut dan sungai diseluruh dunia. Lumba-lumba masih berkerabat dengan paus dan pesut.


5. Bintang Laut


bintang laut


Bintang maritim dikenal dengan istilah starfish (ikan bintang), hewan ini sungguh jauh relevansinya dengan ikan. Bintang maritim merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Bintang bahari ialah binatang simetri radial dan lazimnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang bahari tidak mempunyai rangka yang bisa membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi selaku pemberian. Mereka bergerak dengan memakai sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bab ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan menolong makan. Bintang laut yaitu binatang invertebrata yang bergerak bebas dengan memakai kaki-kaki tabungnya, merayap sepanjang dasar laut dalam kecepatan yang cukup rendah untuk pada umumnya spesies.


Itulah klarifikasi seputar jenis fauna dan tumbuhan yang hidup diperairan Indonesia yang admin sampaikan, dari sekian banyak jenis fauna dan tumbuhan lainnya. Semoga postingan ini berfaedah, dan dapat memperbesar pengetahuan anda semua utamanya mengenai dunia fauna dan flora. Terimakasih sudah berkunjung di Faunadanflora.com , hingga bertemu diartikel postingan selanjutnya ..



Belum ada Komentar untuk "Jenis Fauna Dan Tanaman Di Perairan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel