Perbedaan Dikotil Dan Monokotil Pada Tanaman Dalam Tabel Dan Gambar

Perbedaan tanaman dikotil dan monokotil. Dalam ilmu biologi terdapat dua jenis tanaman menurut jumlah kepingnya adalah flora dikotil dan tanaman monokotil. Secara umum perbedaan dari tumbuhanan dikotil merupakan flora dengan jumlah keping bijinya berjumlah dua sedangkan dalam tumbuhan monokotil cuma memiliki satu keping biji. Selain dari jumlah keping bijinya, tumbuan dikotil dan monokotil mempunyai beberapa perbedaan yang lain yang dapat dilihat dan kita perhatikan dari bentuk akar, batang, daun, serta klasifikasinya.


Perbedaaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil


Untuk lebih mengerti perbedaan antara kedua jenis flora ini, secara sederhana perbedaannya terdapat dalam tabel berikut ini:


perbedaan monokotil dan dikotil


1. Bentuk Biji


biji dikotil monokotil


Perbedaan khas pada tumbuhan dikotil dan monokotil yaitu pada bentuk bijinya. Tumbuhan dengan satu keping biji tanaman disebut dengan tumbuhan monokotil, flora ini tidak dapat mengalami pembelahan saat berkecambah. Contohnya pada tumbuhan padi, jagung, kelapa dan anggrek. Sedangkan tanaman dengan dua keping biji adalah tumbuhan dikotil, flora ini dapat membelah diri jadi dua ketika berkecambah, contohnya pada biji kakao, karet, kacang-kacangan dan bunga matahari.


2. Bentuk Akar


akar dikotil monokotil


Perbedaan yang mendasar dari tumbuhan dikotil dan monokotil ialah bentuk akar yang dimiliki. Akar pada flora monokotil berbentuk serabut yang tersusun atas banyak akar yang kecil dan tipiss. sedangkan pada tumbuhan dikotil bentuk akarnya tunggang, yaitu satu tetapi memiliki banyak cabang dan bersifat kua dan tidak mudah patah.


3. Bentuk Batang


batang dikotil monokotil


Perbedaan yang lain pada tumbuhan ini adalah pada batangnya. Pada tanaman dikotil memiliki batang yang memiliki kambium dan mampu bercabang-cabang menjulang tinggi dan menjulur panjang. Sedangkan pada tumbuhan monokotil batangnya tidak memiliki kambium dan tidak bercabang.


4. Bentuk Daun


daun dikotil monokotil


Perbedaan yang lain pada tanaman dikotil dan monokotil yakni bentuk daun yang dimilikinya. Pada tumbuhan monokotil bentuk daunnya memanjang mirip pita dan daunnya lebar dengan bentuk beraneaka ragam. Sedangkan pada tanaman dikotil mempunyai tulang daun yang sejajar atau melengkung dengan bentuk daun menajari atau seperti sirip.


5. Bentuk Bunga


bunga dikotil monokotil


Dari bentuk bunganya kita bisa membedakan antara flora dikotil dan monokotil. Tumbuhan monokotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Sedangkan flora dikotil memiliki jumlah kelopak sekurang-kurangnya2, 4 kelopak atau 5 kelopak dan kelipatannya.


6. Berkas Pengangkut


berkas pengangkut


Berkas pengangkut pada flora dikotil dan monokotil juga berbeda. Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar pada batang baik pembuluh tapis maupun pembuluh kayunya. Sedangkan pada jenis flora dikotil berkas pengangkutnya terletak terstruktur dengan pembuluh kayu yang terletak pada bab pembuluh tapis.


7. Perbedaan pembagian terstruktur mengenai


Selain perbedaan diatas, terdapat perbedaan yang lain pada tumbuha ini, yakni perbedaan kalsifikasi yang dimiliki. Perbedaan antara keduanya mampu dilihat dari jenis suku-suku pada tabel dibawah ini.


[table id=1 /]


Nah, itulah beberapa perbedaan antara tanaman dikotil dan monokotil yang mampu penulis paparkan. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat 🙂 .



Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Dikotil Dan Monokotil Pada Tanaman Dalam Tabel Dan Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel