Danau Habema – Danau Tertinggi Di Indonesia, Pesona Di Atas Awan!


Di salah satu kawasan Taman Nasional Lorentz adalah Wamena, terdapat suatu danau yang menjadi lokasi wisata alam bernama Danau Habema. Tempat yang bernama orisinil Yuginopa ini memiliki daya tarik alam yang hebat. Keindahannya selalu memukau wisatawan yang mengunjunginya.





Danau ini dijuluki Habema ternyata diambil dari nama salah seorang perwira Belanda. Seorang perwira yang melakukan pengamanan rombongan ekspedisi menuju puncak trikora pada tahun 1909.





Danau Habema yaitu danau tertinggi di Indonesia, tepatnya berada di ketinggian sekitar 3.225 mdpl. Oleh alasannya adalah letaknya yang berada di pegunungan, acap kali danau ini selimuti awan dan kabut, sehingga sering dijuluki danau di atas awan.





habema lake




Luasnya danau ini kurang lebih 224,35 hektar dan kelilingnya 9,79 kilometer. Hamparan perairan yang berpadu dengan panorama gunung yang puncaknya diselimuti salju abadi yaitu fenomena langka di Indonesia. Hijaunya padang rumput dan cerahnya langit biru juga makin menciptakan betah berlama-lama menikmati keindahan Papua.





Jika mujur, disini kita dapat berjumpa burung khas Papua, seperti Cendrawasih dan Kanguru Pohon, serta Rumah Semut dan Anggrek Hitam endemik Papua.





Untuk menuju danau ini, kita membutuhkan pertolongan guide atau penunjuk jalan serta biaya untuk transportasi. Sedangkan untuk biaya masuknya ialah gratis selama 24 jam penuh setiap hari.





foto danau habema




Wisata alam ini betul-betul alami, sehingga belum ada kemudahan apapun. Selain itu, hal ini juga disebabkan alasannya letaknya yang jauh dari pusat kota. Karena kekurangan fasilitas dan prasaranan tersebut, ada beberapa tips yang mampu kita lakukan dikala hendak berlibur ke tempat Danau Habema, adalah:





  • Bawalah bekal masakan dan minuman secukupnya supaya tidak kelaparan dan kehausan
  • Pakailah jaket dan celana tebal karena udara disekitar danau cukup masbodoh, yakni antara 0 sampai 10 derajat Celcius
  • Gunakanlah sepatu biar kaki terlindungi saat melaksanakan perjalanan
  • Sebaiknya berkunjung pada pagi hari supaya kita bisa menikmati pemandangan danau yang terperinci tanpa tertutupi kabut




danau habema




Kota terdekat menuju danau ini adalah Wamena, adalah berjarak 48 kilometer. Diperlukan perjuangan keras dan melalui jalanan terjal dan berbukit dengan memakai kendaraan 4 penggerak roda. Butuh waktu 3 jam untuk menempuh bedan berat tersebut, padahal jika jalanan rata mungkin hanya perlu waktu 1,5 atau 2 jam saja.





Oke! Jika kau berkunjung ke Papua Barat, berkunjunglah ke Danau Habema!


Belum ada Komentar untuk "Danau Habema – Danau Tertinggi Di Indonesia, Pesona Di Atas Awan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel