Sungai Cikahuripan, Panorama Keindahan Alam Di Bandung Barat


Sungai Cikahuripan – Siapa sih yang gak tahu Legenda Tangkuban Perahu? Cerita rakyat yang mengisahkan Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Nah, lokasi wisata yang satu ini masih berhubungan dengan kisah ini.





Konon katanya, Dayang Sumbi adalah seorang dewi yang pernah mandi dan mengambil air bersih disebuah mata air. Menurut penduduk , mata air yang dimaksud dikala ini diketahui dengan Sungai Cikahuripan atau Mata Air Cikahuripan.





Sungai purba ini menjadi obyek rekreasi sebab panorama alamnya yang manis. Letaknya berada di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.





Asal undangan nama Cikahuripan diambil dari Bahasa Sunda, yakni “Ci” yang memiliki arti air atau kawasan basah dan “Kahuripan” yang mempunyai arti kehidupan. Oleh sebab itu, arti Cikahuripan yaitu air kehidupan. Masyarakat asli disekitar daerah tersebut mempercayai kalau sungai ini memiliki banyak faedah bagi kehidupan, utamanya pengobatan.





wisata sungai cikahuripan




Kawasan ini sekarang bermetamorfosis selaku destinasi wisata karena memiliki pemandangan yang menarik, disamping itu paduan udara sejuk dan air yang jernih semakin menyempurnakan keadaan alam nan asri. Saking jernihnya air Cikahuripan, kita mampu menyaksikan bebatuan dasar sungai yang memperlihatkan ketenangan bagi batin dan anggapan.





Namun sebaiknya kita berenang di tempat ini, karena meski airnya damai ternyata kedalamannya meraih 4 meter. Untuk mencicipinya, kita cukup menyusuri sungai dengan rakit bambu atau pelampung. Kita akan melihat dua tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungan yang hening.





Untuk mampu masuk ke lokasi rekreasi ini, setidaknya kita perlu mengeluarkan Rp 25.000 telah tergolong biaya parkir roda dua dan tiket masuk. Sedangkan jika ingin menyewa pelampung, kita akan dikenakan biaya sewa Rp 15.000 per orang.





Sarana pendukung rekreasi atau akomodasi di Sungai Cikahuripan cukup memadai, mirip adanya warung makan, mushola, toilet dan tempat persewaan. Tentu kemudahan itu kian membuat lebih mudah wisatawan yang ingin menikmati liburannya.









Bagi kamu warga Bandung Barat dan sekitarnya, cobalah untuk mendatangi tempat wisata ini. Namun yang perlu diingat, tetap lestarikan alam dengan tidak merusaknya dan jangan membuang sampah secara asal pilih ya!





Kita bisa menuju lokasi Sungai Cikahuripan dengan menempuh rute yang sama menuju Waduk Saguling. Tentunya kita wajib waspada sebab terusan jalan masih berbatu.


Belum ada Komentar untuk "Sungai Cikahuripan, Panorama Keindahan Alam Di Bandung Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel